Sorry, your browser does not support inline SVG.
Kementan Luncurkan Vaksin Afluvet H9N2 Anti Flu Burung untuk Ayam Petelur

by System Admin



TIMESINDONESIA, JAKARTA – Vaksin Afluvet H9N2, vaksin pertama di Indonesia yang telah mendapatkan nomer registrasi (izin edar) dari Kementerian Pertanian untuk melindungi ayam petelur dari flu burung.  Vaksin tersebut diluncurkan oleh Menteri Pertanian, Amran Sulaiman pada acara Kontes Ternak dan Panen Pedet di Sidoarjo Jawa Timur akhir Oktober lalu. 

"Vaksin ini mampu melindungi ayam petelur dari penyakit flu burung jenis baru sub tipe H9N2 yang tidak terlalu ganas, namun menyebabkan produksi telur menurun," tegas Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Ketut Diarmita.

Vaksin ini diproduksi Pusat Veteriner Farma (Pusvetma), UPT yang berada di bawah Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Lembaga ini satu-satunya instansi pemerintah yang memproduksi vaksin Afluvet H9N2.

 "Vaksin ini bisa digunakan peternak ayam layer untuk melindungi kesehatan ayamnya dari serangan virus flu burung, sehingga produksi telur tetap tinggi," tambah Ketut.

Kepala Puvetma, Agung Suganda menambahkan, saat meluncurkan perdana vaksin Afluvet H9N2 itu, Amran memberi apresiasi kepada Pusvetma, sekaligus menyampaikan tantangan agar Pusvetma bisa mengekspor produk vaksinnya ke luar negeri. 

Seperti diketahui, Indonesia saat ini telah mengekspor produk obat dan vaksin hewan ke 82 negara dengan nilai triliunan rupiah.

Disebutkan, bahwa vaksin H9N2 mempunyai potensi vaksin yang tinggi yang menyebabkan produksi telur ayam akan tetap tinggi. “Vaksin ini aman karena merupakan vaksin inaktif dengan kandungan virus AI-H9N2 dan adjuvan minyak yang sesuai sehingga bisa menjaga kandungan antibodi tetap protektif, sehingga bisa mengatasi penurunan produksi telur," tegas Agung.

Sumber: https://m.timesindonesia.co.id/read/188644/20181105/145822/kementan-luncurkan-vaksin-afluvet-h9n2-anti-flu-burung-untuk-ayam-petelur/#!-_-


Back to News Page

RECENT STORIES

HEAD
CONTENT